Saya hendak berbagi neh..
Kita yang senang dengan ilmu marketing bahkan mempraktekkannya, sering terlupa tentang esensi script untuk penjualan. Baik dalam penulisan flyers, tema talk show radio, website, bahkan infomercial.
Kita mengandalkan "kreatifitas" dan lupa akan "science".
Terjadinya penjualan karena adanya pengingatan dan penawaran. Yakni iklan, dan kalimat penawaran.
Sehubungan dengan kalimat penawaran, berikut ada beberapa point yg bisa kita ingat-ingat
Pertama, Apakah kita tahu bagaimana kalimat yang menjual ?
Kalimat yg menjual, baik dalam tulisan atau perkataan, seharusnya merupakan kalimat yang "menghipnotis", maksudnya, bisa menarik perhatian target market.
Kedua, untuk menghasilkan satu set kalimat penawaran dalam iklan, sales call, atau talk show, kita mesti tes dan ukur dulu berbagai kombinasi.
Di Amerika pernah ada iklan, yang gara-gara beda 1 huruf, sales-nya beda 8x lipat..., berikut isi kalimatnya :
- Put music into your life
- Puts music into your life
Coba cek di google deh...^^
Kalo 1 huruf aja bisa segitu gedenya, apalagi 1 kata, apalagi 1 kalimat...^^
Ketiga, dalam salesman-ship, apabila seorang sales yg canggih sudah memiliki "cara" nya, maka dia pasti sudah memiliki "hypnotic script" dalam melakukan penawaran. Hendaknya "script" tersebut bisa dibuat dalam bentuk tulisan, dan diajarkan kepada seluruh sales-crew di perusahaan. Dengan demikian akan membantu meningkatkan revenue.
Best Regards
Shimaguni Firna
E-Mail : firna.shimaguni@gmail.com
http://www.facebook.com/shima.kuni
http://www.facebook.com/pages/Sticker-Label/175383955814409
http://www.facebook.com/pages/Machine-Fabrication/167836833255661
http://www.facebook.com/pages/SandalBoneka/137344119652576
Editted from MCers by :
Phaidon L Toruan, dr MM
Dokter penggemar ilmu marketing
Corporate Health Trainer
0 件のコメント:
コメントを投稿